DAFTAR ISI
TANDA
PERSETUJUAN
PERNYATAAN
KEASLIAN LAPORAN
MOTTO DAN
PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR ........................................................................................ i
DAFTAR ISI ....................................................................................................... v
ABSTRAK .......................................................................................................... iv
ABSTRACT ....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... viii
PETA LOKASI
PENELITIAN ......................................................................... ix
BAB I
PENDAHULUAN................................................................................... .... 1
1.1. Latar
Belakang ................................................................................... .... 1
1.2. Permasalahan..................................................................................... .... 9
1.2.1. Identifikasi Masalah .................................................................. .... 9
1.2.2. Pembatasan Masalah ............................................................... 10
1.2.3. Rumusan Masalah .................................................................... .... 10
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian......................................................... .... 11
........ 1.3.1. Maksud ...................................................................................... .... 11
1.3.2.
Tujuan ........................................................................................ .... 11
1.4. Kegunaan Magang............................................................................ .... 12
1.4.1. Kegunaan
Teoritis ..................................................................... .... 12
1.4.2.
Kegunaan Praktis ...................................................................... .... 12
1.5 Definisi Konsep Obyek yang diamati dan dikaji............................. .... 13
1.5.1. Pengertian Pemberdayaan ...................................................... .... 13
1.5.2. Pengertian Anak Putus Sekolah............................................. .... 14
1.5.3. Pengertian
Campus Sosial Responsibility............................ .... 16
1.5.4. Operasionalisasi
Konsep ......................................................... .... 18
BAB II METODE MAGANG.............................................................................. .... 19
2.1. Metode Magang..................................................................................... .... 19
2.2. Teknik Pengumpulan Data................................................................. .... 22
2.3. Teknik Analisis Data............................................................................. .... 24
2.4. Tempat dan Waktu................................................................................ .... 27
2.4.1. Tempat
Magang ......................................................................... .... 27
2.4.2. Waktu
Magang............................................................................ .... 28
BAB III GAMBARAN
UMUM............................................................................ .... 29
3.1. Gambaran
Umum Lokasi Magang .................................................. .... 29
3.1.1 Gambaran
Umum Kota Surabaya .......................................... .... 29
...... 3.1.1.1
Gambaran Umum Geografis ................................................ .... 29
3.1.1.2 Gambaran
Umum Pemerintahan......................................... .... 32
.... 3.1.1.3 Gambaran Umum Perekonomian........................................ .... 33
...... 3.1.1.4
Gambaran Umum Penduduk dan Agama ......................... .... 39
...... 3.1.1.5 Gambaran Umum Pendidikan ............................................. .... 40
...... 3.1.1.6 Gamabaran Umum Kesehatan ........................................... .... 48
...... 3.1.1.7 Gambaran Umum
Infrastruktur ............................................ .... 50
...... 3.1.1.8 Gambaran Umum Potensi .................................................... .... 51
...... 3.1.2 Gambaran Umum Dinas Sosial .............................................. .... 52
...... 3.1.2.1 Struktur Organisasi dan
Tata Kerja ..................................... .... 56
BAB IV TEORI
YANG DIGUNAKAN.............................................................. 89
4.1. Tinjauan
Teori Yang Relevan Dengan Fenomena ..................... 89
4.1.1. Pemberdayaan ........................................................................... 89
4.1.2. Anak ............................................................................................. 91
4.1.3. Campus Sosial Responsibility ................................................ 93
4.2.Tinjauan
Normatif Yang Relevan Dengan Fenomena.................
98
BAB V ANALISIS
DAN REKOMENDASI...................................................... 104
5.1. Analisis ................................................................................................ 105
5.1.1. Pemberdayaan
Anak Melalui Progam Campus
Sosial
Responsibility Di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur 106
5.1.1.1 Sosialisasi Progam,Pendataan,dan Rekrutmen................ 107
5.1.1.2 Meningkatkan kesadaran potensi anak ............................. 109
5.1.1.3 Menciptakan lingkungan untuk berkembang anak ......... 111
5.1.1.4 Meningkatkan daya dan potensi anak putus sekolah ..... 114
5.1.2 Dampak dari Progam Campus Sosial
Responsibility ........... .. 115
...... 5.1.3. Hambatan dalam Pelaksanaan Progam
Campus
...... Sosial Responsibility ................................................................. .. 118
5.2. Penutup................................................................................................ 122
5.2.1. Kesimpulan
................................................................................. 122
5.2.2. Saran ........................................................................................... 124
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 126
LAMPIRAN-LAMPIRAN ..................................................................................
DAFTAR TABEL
HALAMAN
Tabel
3.1.1.3 Perekonomian
…………………………………………… 38
Tabel
3.1.1.5
Pendidikan ……………………………………………… 41
Tabel 3.1.1.6 Perkembangan Angka Partisipasi Murni Kota
Surabaya.…………………………………………………… 46
Perkembangan
Angka Melek Huruf ……………………… 47
Tabel
3.1.1.6 Jumlah Fasilistas
Kesehatan ………………………………………………………….. 48
Tabel
3.1.1.7 Jumlah Pegawai di Kantor Dinas Sosial Kota Surabaya …..………………………………………………………. 80
Tabel
3.1.1.8 Daftar Inventaris Barang Dinas Sosial ..…………………………………………………………………… 82
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pembangunan
adalah suatu proses perubahan yang berlngsung secara terus menerus. Perubahan
yang di maksud adalah perbaikan – perbaikan yang di arahkan untuk mencapai
tujuan yang telah di tetapkan ruang lingkup pembangunan kompleks karena
mencakup semua aspek kuantitatif maupun kualitatif di bidang ekonomi,social,
politik, dan lain sebagainya. Di samping itu dengan sumber daya pemerintah yang
relative terbatas, maka partisipasi pemangku kepentingan lain dalam mendukung
pembangunan adalah sangat vital dalam UU no. 25 tahun 2004 tentang system
perencanaan pembangunan nasional disebutkan bahwa pembangunan nasional adalah
rangkaian upaya pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang
berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan
Negara untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional seagaimana
dirumuskan dalam pembukaan UUD 1945.
Dalam
membangun sebuah daerah pada prinsipnya sangat di perlukan sumber daya manusia
yang berkualitas dan mampu memenuhi tuntutan kebutuhan dan kemajuan
pembangunan, sehingga pembangunan dapat tercapai dalam segala sektor. Generasi
muda sangat berperan penting dalam pembangunan daerah karena generasi muda
adalah pemegang estafet kepemimpinan daerah selanjutnya menjadi penggerak,
pilar, dan pengawal jalannya pemerintah daerah. Untuk mencapai kemajuan dalam
pembangunan, generasi muda harus memiliki kesepahaman dalam melaksanakan agenda
– agenda pembangunan itu sendiri. Energy muda yang bersatu sangat cukup untuk
mendorong pembangunan daerah yang lebih maju. Karena karakter generasi muda
memiliki kekuatan fisik, kecerdasan dalam berfikir, ketinggian moral dan
kecepatan belajar dalam peristiwa yang mendukung di bidang pembangunan. Masa
remaja adalah di saat dimana seorang mulai dewasa, dia akan mencari jati diri
atau akan menentukan bagaimana dia di masa yang akan datang. Dalam mencari jati
diri tersebut sang anak akan mengalami perubahan – perubahan dalam kehidupannya
seperti sikap dan kejiwaannya. Seorang anak yang baru memasuki masa remaja akan
mengikuti dan meniru hal – hal yang sedang popular atau sedang ngetrend apakah
dia cocok atau tidak dengan trend tersebut. Yang menjadi masalah adalah apakah
hal yang di tiru itu baik atau bururk. Jika hal yang di tiru baik maka tidak
aka nada masalah, sebaliknya jika yang ditiru adalah yang buruk maka akan
menjadi masalah dan harus di tangani. Peningkatan sumber daya manusia (SDM)
merupakan suatu prioritas dalam pembangunan nasional.
Pendidikan
merupakan salah satu faktor penting yang secara langsung membrikan kontribusi
terbesar dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Selain itu
pendidikan dapat dikatakan sebagai katalisator faktor utama dalam pengembangan
sumber daya manusia (SDM), dengan adanya tanggapan semakin tinggi pendidikan
seseorang maka semakin tinggi juga kesadaran dalam berbagai aspek. Jumlah
penduduk yang relative sangat besar apabila tidak di imbangi denga kualitas
pendidikan akan dapat menjadi beban dalam pembangunan. Pembangunan manusia yang
berhasil dan meningkatkan pengetahuan yang bermuara pada peningkatan sumber
daya manusia (SDM). Pencapaian tersebut akan meningkatkan produktivitas
sehingga pada akhirnya akan meningkatkan mutu kualitas hidup dalam arti hidup
yang layak. Pendidikan menjadi landasan kuat yang di perlukan umtuk meraih
kemajuan bangsa di masa depan.
Hasil
pendataan progam perlindungan social (PPLS) 2012 mengungkap sebanyak 8.750 anak
usia 7 – 17 tahun terpaksa putus sekolah dan memilih bekerja untuk memenuhi
kebutuhan hidup keluarganya. Keberadaan mereka tersebar di 16 kabupaten dan
kota di Jawa Timur.
Menyikapi
hal tersebut di perlukan peran aktif pemerintah untuk mengurangi angka putus
sekolah di Jawa Timur. Beberapa kebijakan yang berpihak kepada siswa miskin (pro poor policy) telah di jalankan.
Pemerintah tengah menyiapkan amandemen Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional guna mewujudkan progam wajib belajar 12
tahun. Kebijakan tersebut pada intinya bertujuan untuk meningkatkan demand
siswa miskin terhadap layanan pendidikan. Namun tidak mudah untuk
merealisasikan pendidikan khususnya menuntaskan wajib belajar 12 tahun, karena
pada kenyataannya masih banyak angka putus sekolah.
Di
Surabaya yang merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah
Jakarta dengang luas wilayah 33.306,30 Ha dan jumlah penduduk yang mencapai
sekitar 3.110.187 orang. Perkembangan Surabaya semakin sedemikian pesatnya dan
serta beragamnya fasilitas kehidupan seperti pendidikan, kesehatan,
transportasi, rekreasi dan pusat perbelanjaan yang tersedia menjadi daya tarik
bagi masyarakat daerah lain untuk datang ke Surabaya guna mendapatkan
kesempatan kerja denga upah yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik.
Hanya
saja para migran yang datang ke Kota Surabaya tidak semua diimbangi dengan
kompetensi/skill dan modal yang memadai untuk dapat bersaing di kota besar.
Akibatnya mereka menjadi beban kota karena karena menjadi pengangguran yang kemudian
melahirkan permasalahan social seperti kemiskinan, keterbelakangan,
gelandangan, pengemis, tuna wisma, dan sebagainya.
Ketika
kebutuhan dasar alam sebuah keluarga belum dapat terpenuhi maka kebutuhan untuk
mendapatkan pendidikan tidak lagi menjadi prioritas dalam keluarga. Focus orang
tua adalah bekerja untuk memenuhi kebutuhan fisiologis. Akibatnya pendidikan
untuk anak – anak kurang diperhatikan sehingga anak menjadi rentan untuk putus
sekolah atau bahkan putus sekolah. Padahal ketika anak tidak lagi bersekolah,
ditambah lagi kurangnya fungsi keluarga dalam mengarahkan, memberikan
pendidikan, bimbingan, perhatian dan kasih sayang maka anak rawan terjerumus
dalam persoalan social yang lebih kompleks, karena anak mendapatkan banyak
pengaruh negative dari lingkungan. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
seringkali anak – anak mendapat eksploitasi dari orang tua dengan menyuruhnya
bekerja guna membantu menyokong pendapatan ekonomi keluarga.
Masa
kanak – kanak merupakan masa bermain, masa belajar dan masa pertumbuhan dan
perkembangan. Anak – anak adalah generasi penerus bangsa dan pemilik era masa
depan bangsa. Secara philosofis, anak adalah anugerah dan amanah yang perlu di
bina dan di arahkan untuk mempersiapkan dirinya sebagai generasi penerus bangsa.
Masa anak – anak merupakan tahapan penting dalam pembentukan dasar – dasar
kepribadian di kemudian hari. Masa untuk berkreatifitas secara konkrit, di mana
anak – anak mengembangkan kemampuan menganalisa dan mengelola pola relasi
social dalam hubungannya dengan kemampuan memecahkan berbagai jenis masalah
yang di hadapi. Kemampuan tersebut akan berguna bagi hidupnya di kemudian hari.
Faktanya ada dalam masa menjadi anak, mereka terlanjur berperilaku melanggar
aturan atau norma yang berlaku, yang telah merugikan dirinya maupun orang lain.
Jika anak dalam proses tumbuh kembangnya telah terkontaminasi perilaku yang
buruk, maka kehidupan anak sebagai generasi penerus bangsa akan terancam,
bahkan sampai pada kondisi zero growth.
Berangkat
dari keprihatinan dengan melihat besarnya potensi anak putus sekolah dan anak
rentan putus sekolah untuk terjerumus dalam permasalahan social yang lebih
kompleks, Dinas Sosial berupaya menyelamatkan generasi penerus bangsa tersebut
dengan merangkul berbagai pihak , salah satunya dari civitas akademika yang
dalam hal ini adalah perguruan tinggi melalui mahasiswanya untuk melakukan
pendampingan kepada anak bermasalah social utamanya anak putus sekolah dan
rentan putus sekolah. Salah satu kunci untuk mengembalikan masa depan anak –
anak ini adalah dengan mengembalikan mereka kesekolah dimana mereka akan
mendapatkan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka. Selain itu, untuk
bias mempertahankan supaya mereka tetap di sekolah dan memliliki perilaku yang
lebih baik, mereka butuh sosok pendamping yang dapat di jadikan panutan atau
roel model bagi mereka yang dapat di jadikan panutan atau role model bagi
mereka yang dapat membimbing dan mengarahkan perilaku mereka untuk menggantikan
peran keluarga yang selama ini menghilang.
Dinas
Sosial melihat potensi yang cukup besar mengingat jumlah perguruan tinggi di
Surabaya banyak dan masing – masing perguruan tinggi memiliki jumlah mahasiswa
yang banyak. Selain pertimbangan jumlah mahasiswa yang besar, rentang usia
antara mahasiswa dengan anak yang akan di dampingi tidak terlalu besar sehingga
tidak akan terjadi generation gap. Hal ini akan sangat membantu dalam proses
pendampingan khususnya untuk pendekatan dalam upaya mengembalikan kesekolah dan
merubah perilaku mereka menjadi lebih baik. Hal ini juga sejalan dengan salah
satu Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab moral untuk
mengembangkan masyarakat di lingkungannya. Menjadi kewajiban mahasiswa
memberikan upaya terbaik di sela – sela waktu kuliah mereka untuk mengupayakan
perbaikan masyarakat sekitarnya.
Pelayanan
kesejahteraan social, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam
penanganan anak – anak yang bermasalah. Minimnya keterlibatan mahasiswa dalam
membantu menangani anak – anak yang memerlukan pendampingan khusus perlu
perhatian khusus terutama dalam keterlibatan.
untuk hal selanjutnya hub. 085220137111
v
BalasHapus